SEJARAH DESA

  10 April 2017  |  DESA WRINGINAGUNG

Pada   tahun 1992  di wilayah Kabupaten Banyuwangi bagian tengah, tepatnya di sebelah selatan kota Genteng terdapat satu desa yaitu Desa Jajag. Desa Jajag termasuk dalam wilayah Kecamatan Gambiran. Pada saat itu Desa jajag memiliki Penduduk yang cukup banyak sekitar 17.000 orang yang tersebar di delapan dusun yang menjadi wilayahnya. Kedelapan dusun yang menjadi wilayah Desa Jajag pada saat itu adalah :

  1. Dusun Krajan                               5.  Dusun Bulusari
  2. Dusun Petahunan                         6.  Dusun Glowong
  3. Dusun Sumberjo                           7.  Dusun Yosowinangun
  4. Dusun Jatisari                              8.  Dusun Sumberjaya

Pada tahun 1992 Desa Jajag dipecah menjadi dua yaitu Desa Jajag sebagai desa induk dan Desa Wringinagung sebagai desa pecahanya. Tahun 1992 Desa Wringinagung secara resmi menjadi desa definitive dengan wilayah meliputi 4 dusun, 10 RW dan 46 RT, dengan rincian sebagai berikut :

1. Dusun Jatisari                              : 3 RW, 13 RT.

2. Dusun Glowong                            : 3 RW, 14 RT.

3. Dusun Sumberjaya                      : 2 RW,  8  RT.

4. Dusun Sumberjo                           : 2 RW, 11 RT

Pemberian nama “Wringinagung” pada saat pemecahan Desa Jajag pada waktu itu didasarkan atas pendapat dan pertimbangan para pemuka masyarakat yang ada didesa pecahan tersebut. Karena masyarakat yang menjadi penduduk desa pecahan tersebut mayoritas adalah petani dan wilayahnya sebagian besar adalah lahan pertanian maka dinamakan ‘Wringinagung’ yang berasal dari kata ‘Wringin’ dan ‘agung’. ‘Wringin’ diambil dari suku kata nama pohon.yang berada di Dusun Glowong Dan Growong. ‘agung’ diambil dari suku kata salah satu dusun yang masuk wilayah desa pecahan yaitu Glowong. jadi ada pohon ringin di Glowong maka desa pecahan di beri nama Wringin agung yang berarti makmur sesuai dengan harapan seluruh masyarakat yang ada di desa tersebut.

Tahun 2004 Kecamatan Gambiran dipecah menjadi dua yaitu Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Tegalsari.

          Pada awal berdirinya Desa Wringinagung, tahun 1992 – 1997 yang ditunjuk sebagai Pejabat Sementara ( Pjs ) Kepala Desa Wringinagung sampai dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara langsung oleh warga Desa Wringinagung adalah Bpk.Santoso, yang dulunya menjabat sebagai Sekdes Desa Jajag. Kemudian pada tahun 1997,  untuk pertama kalinya dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ). Sebagai calon terpilih adalah MS HADI SASTRO, hingga kemudian terpilih dan secara resmi dilantik menjadi Kepala Desa Wringinagung yang pertama. Kemudian pada pertengahan perjalan masa dinas tahun 2002  beliau sakit Stroke, sehingga mengangkat PJ. Kades tahun 2003 s/d 2006 ( Bpk.Sujito, Spd ) yang sebelumnya menjabat sebagai Sekdes Wringinagung,  dan pada tahun 2007 dijabat oleh Staf Kecamatan Gambiran selaku Pj. Kades Wringinagung  (Bpk.Sukatno) sampai pelaksanaan Pilkades 2007, dan Sebagai calon terpilih adalah MOH.SAMSUL HIDAYAT,SP , menjabat dari tahun 2007 s/d tahun 2013, dan tahun 2014 dijabat oleh Bpk.SUNARYANTO sebagai  Kepala Desa Wringinagung Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi sampai sekarang.

Demikian Sejarah Desa Wringinagung yang bisa digali dari para sesepuh desa dan tokoh masyarakat di Desa Wringinagung semoga bisa menjadi pengetahuan dan pengalaman khususnya bagi generasi muda Desa Wringinagung dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya.

 

NAMA-NAMA LURAH/KEPALA DESA

SEBELUM DAN SESUDAH BERDIRINYA DESA WRINGINAGUNG

 

No

Periode

Nama Kepala Desa

Keterangan

1

1994 - 1998

SANTOSO

 Pjs.Kades

2

1998 - 2003

MS.HADISASTRO.S

 Kades Devinitif

3

2003 – 2006

 

 

SUJITO,SPd

 Pj.Kades

4

2006 - 2007

SUKATNO

 Pj.Kades

5

2007 - 2013

MOH.S.HIDAYAT,SP

Kades Terpilih

6

2013 s/d sekarang ssesekarang

SUNARYANTO

Kades Terpilih

 

Contact Details

  Alamat :  
  Email :
  Telp. :
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi